1st CONTACT LENS!

Akhirnya setelah seumur hidup, sekitar 15 tahun lebih 9 bulan, aku ngga pernah nyoba yang namanya pakai kontak lens atau softlens atau lensa kontak dan selalu ragu tiap kali mau beli. Padahal ingat banget waktu kira-kira kelas 7, kak Ratih (kakasepupuku) nawarin beli softlens karena dia ntah mau beli solution (cairan softlens) ntah mau beli apa itu ke optik aku juga lupa-- Tapi karna mental dan keinginan belum bulat, akhirnya gajadi kita beli saat itu. Nah kali ini aku putuskan untuk coba pake contact lens. Karena apa tiba-tiba aja aku putuskan begini? Padahal udah niatnya waktu mau nampil nari di PON kemaren. Tapi ujung2nya kita malah gapake kacamata dan selama penampilan itu, mata kita burem-_______- Nah, kali ini karena Insya Allah besok aku dan tim ngibar untuk memperingati Hari Pahlawan akan menjadi pasukan pengibar bendera di sekolah tercinta, Man 2 Model Pekanbaru. Mata aku selain minus juga ada silinder (kalau melihat sesuatu suka berbayang), dan silinder aku cukup tinggi,  jadinya ngga bisa pake sembarang contact lens standar yang sering dijual di optik-optik biasa. Dan fyi, mata kanan dan mata kiri aku itu beda minusnya. Bingung ya kenapa? Aku juga heran kenapa-_- Jadi waktu kelas 6, pertama kali aku pake kacamata, cek dan order kacamatanya itu di Optik Melawai. Minus mata kanan itu 1,75 dan minus mata kiri itu 0,75. AKU SUMPAH HERAN KENAPA-_- Dan aku kira, contact lens itu gabisa untuk mata yang minusnya beda kanan-kiri dan gaada yang ada silindernya._. Terus terang aja aku pernah dengar cerita kalau contact lens bisa pecah pas masih dipakai di dalam mata atau khayalan aku sih ini yaa, contact lensnya bisa jalan masuk ke dalam kelopak mata Worried Huehehehehe khayalan aku emang agak nganu--

So, bunda ikut nemanin ke Optik International yang dijalan Sudirman. Kenapa nggak ke Optik Melawai seperti biasanya? Karena ngga sempat ke mall. Dan karena malam itu buru-buru banget bunda karna ada kondangan saudara yang dibelakang rumah. Aduhai beberapa hari ini rumah ribut ricuh tiap malam karena ada orgen tunggal nyanyi2-_____- Oke, back to the tittle. Petugas optik awalnya nanya minusnya berapa dan aku kebegoan sok-sok mikir dan akhirnya petugas optik yang cowok itu nanya kacamata aku masih nyaman dipakai atau nggak. Dengan pasti aku bilang MASIH. Dan emang masih, kan? Dan dia ngecek pake alat segala macam. Dan aku malah sibuk ngaca di kaca kecil yang berada diatas meja etalase frame-frame kacamata optik itu. Dan dia pun memberi tahu minus aku berapa dan aku nggak kaget lagi karena itu minus sejak kira-kira bulan April yang lalu. Dan dia juga nyebutin minus berapa jatuhnya kalau di sinkronkan(?) dengan minusnya contact lens(?) Oke, aku gatau mesti nyebutinnya gimana. Yang pasti, mata kanan aku tetap jadi -2.75 dan mata kiri aku yang sebenarnya -1.25, jadi -1.50. Dan dia gak nyebutin apa yang terjadi dengan silinder ku-_- Tapi dia sempat nyebutin silinder mata kanan dan mata kiri aku. Dan odongnya kertas hasil ceknya itu nggak aku ambil dan aku biarkan kesepian diatas meja kaca yang dingin itu-_- Dan dia nanya aku mau pake yang warna tau yang clear (bening). Dan aku bilang yang hitam. Dan dia bilang, kalau yang hitam harus nunggu 1 minggu dulu. Tapi harganya tetep sama. Dan aku berpikir, ini bukan masalah harga, mas. Tapi ini masalah aku nggak nyaman kalau pake yang warna dan aku gak ada pilihan lain selain.... Yang bening. Dan bunda juga setuju kalau yang bening aja. Apalagi petugasnya bilang, kalau yang warna, otomatis mau nggak mau, warnanya itu akan berpengaruh pada penglihatan kita kalau make contact lens nya itu. Dan kalau yang clear, otomatis memperjelas penglihatan kita. Dan dia saranin aku pakai yang bermerk Option UV Premier.
<p>Option UV Premier adalah produk terbaru dari option uv dengan kualitas premier/unggulan. Option UV Premier merupakan lensa kontak bulanan clear (tidak berwarna), sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin terlihat menggunakan soflens.</p>
<p>Spesifikasi produk :</p>
<p>1. BC : 8.7</p>
<p>2. DIA : 14.2</p>
<p>3. Water content : 55%</p>
<p>4. Power : -1.00 s/d -10.00</p>
<p>5. Color : Clear</p>
<p>6. Jadwal penggantian : 1 Bulanan</p>
<p>7. Isi/pack : 3pcs</p>

Ini jenis Monthlies. Dan sepertinya merk ini memang ditujukan untuk manusia jenis aku(?) yang minus mata kanan-kirinya berbeda. Mau gamau harus beli 2 kotak. 1 kotak itu isinya 3 contact lens dan 1 contact lens itu buat 1 bulan. Jadi ini untuk pemakaian 3 bulan perkotaknya. Dan dia juga menawarkan solution (cairan softlens) yang awalnya aku kira itu gratis wkwkwkwk-_- Merknya Fresh Eye.
<p>One step Solution, 7 different functions in one :</p>
<p>- Disinfecting</p>
<p>- Cleaning</p>
<p>- Rinsing</p>
<p>- Protein Removing</p>
<p>- Storing</p>
<p>- Lubricating</p>
<p>- Rewetting</p>
<p>&nbsp;</p>
Dan akhirnya bunda pun membayar dua kotak contact lens dan 1 botol ukuran medium solutionnya. Dan petugas sempat nanya aku bisa masangnya atau nggak. Dan karena aku sadar banget bunda lagi buru-buru, akhirnya aku bilang ntar latihan sering-sering aja makenya:)
Dan contact lens itu sebelum pemakaian pertama, harus direndam dulu di tempatnya atau diwadahnya min. 4 jam.
Nah tadi pagi setelah perjuangan kurang lebih 45 menit sebelum berangkat ke sekolah untuk gladi bersih pengibaran besok, aku nyoba-nyoba make contact lens ini dan hasilnya?-_- Gak berhasil. Padahal aku udah ngikutin petunjuk dari video-video Youtube-_- Dan akupun nge bm my Dinah supaya habis latihan kami wajib ketemu buat ajarin aku make contact lens-_____- Aku bener-bener gave up. Dan tadi habis nyari jilbab bermerk Alfajri utk besok dan juga ngesol sepatu pengibarannya karena itu adalah sepatu keramat(?) *beh ngasal banget-_-* langsung ketemuan Dinah di sekolah lagi tepatnya didepan kelasnya dia, x.1. Dan kamipun cuci tangan dulu yang steril, dan langsung menuju kelas aku yang cuma pisah 1 kelas dengan Dinah, yakni kelas x.3. Dan diapun dengan entengnya memakaikan contact lens ke mata aku. Dan meskipun selalu aja mata aku otomatis nutup atau kedip, apalagi mata aku yang sipit tapi gajadi ini, tapi dengan kesabaran my Dinah, dia pun berhasil. Akhirnya tuh softlens berhasil juga dimasukin ke mataku.
Rasanya awal-awal ngga enak, seperti mata kelilipan, tapi setelah beberapa kali mengedipkan mata, akhirnya penglihatan mulai terang meskipun cuma dimata kiri karena lens kanannya sempat dikira hilang karena sebenarnya jatuh ke lantai-____- Dan itu tugas Dinah ngebersihin dan ngesterilin lagi lens nya. Dan setelah itu, dengan gampang juga dinah ngambil softlens nya lagi dari mata aku-_- Bener-bener ahli tu anak. DAN awalnya Dinah ngira aku make softlens karena ketularan dia dan my Chiha yang pake softlens setiap harinya-____- BIG NO. Dan aku putuskan untuk? Besok subuh sebelum ngumpul jam setengah enam di sekolah, ke kost-annya Dinah terlebih dulu yang letaknya cuma 1 menit dari sekolah kalo pake motor.
Dan tadi pas sampai rumah sekitar jam 1 kurang, aku penasaran lagi dan coba latihan make lagi. Oke, aku nyatakan kalau aku nyesel nggak minta diajarin makenya dulu sama petugas optiknya itu. Nggak sampai 5 menit, aku pun masangin lens yang kanan ke mata kiri dengan polosnya-_- Karena tadi pas di sekolah Dinah masangin yang kiri, jadinya maunya ke mata kiriiiiiii aja-_- Aduh gue bego amat. Dan awalnya aku kira ngga berhasil dan justru lens nya malah jatuh-_- Sayang kan kalau jatuh._. Dan ternyata lens nya masuk dan ngepas dimata kiri aku. Dan penglihatan AMAT AMAT JERNIH sebelah-_- Tapi terkesan agak pusing karna ya itu dia. Ternyata aku make lens mata kanan yang minus nya lebih gede dari mata kiri. Dan dengan perjuangan ngga sampai 1 menit, aku berhasil ngambil lens itu dari mata kiriku. Dan, mata udah perih2 terus terang, kawan-_____-
Kalau make contact lens, emang berasa lepas karena telinga ngga dibebanin sama gagang kacamata, tapi mata 'katanya' bakal terasa lebih mengantuk. Tapi Alhamdulillah, aku ngga ngerasa ngeganjal kok lens nya :) Lens yang silinder itu kadar airnya katanya sih lebih tinggi dari yang biasa. Kadar air yang semakin tinggi itu semakin nyaman loh, katanya lagi-_- Well, 'katanya' itu adalah sumber dari Google.
Kesimpulan aku, ternyata sebagai orang yang praktis, aku lebih suka pakai kacamata dibanding contact lens, pakainya sangat gampang, ngga perlu cermin dan ngga perlu cuci tangan. I think I'm your typical glasses girl Cool 1 Eaaaaak ;;)
Dan, mungkin penggunaan contact lens zaman sekarang itu udah biasa dan nggak istimewa lagi. Sepertinya halnya juga penggunaan behel. Contact lens dan behel seperti dua hal yang ngetrend banget akhir2 ini selain -> Gadget2 dan DSLR. Tapi, aku belum berminat sebagai pengguna tetap contact lens. Karena ini semata2 karena even spesial aja. Kalau besok2? Ya tengok dulu deh--

Share this:

1 Kommentare:

Wanna leave a comment?