SCRAPBOOK


Salam hot guys! :3 Kali ini saya akan ngepost mengenai SCRAPBOOK yang entah kenapa akhir-akhir ini merajai otak saya-- #okesipsekedarinfo

Wikipedia bilang scrapbook itu adalah seni untuk melestarikan sejarah keluarga atau momen-momen pribadi kita dalam bentuk  kliping. Salah satu web juga yang bilang scrapbook itu seni untuk menciptakan kolase berbasis kertas yang berpusat di sekitar foto kenangan atau serangkaian foto. Jadi menurut saya scrapbook itu adalah foto kenangan kita yang digabung dengan huruf2, tulisan, puisi, pita, dan benda2 lain menjadi seperti kolase yang biasanya di kliping seperti album. Ngga harus jadi album juga sih. Bisa juga cuma jadi selembar kolase gitu. Kalian pasti udah pernah lihat dong?

Sebenarnya scrapbook sudah ada sejak dulu. Pada zaman Yunani kuno, para pelajar mencatat apa yang mereka dengar, mereka baca ke dalam lembaran papirus. Catatan itu disebut hypomnema. Sejarah scrapbook terus berlanjut sampai abad 15 hingga 18 di Eropa. Saat itu para ilmuwan, pelajar, seniman, mencatat berbagai puisi, kata mutiara, rumus matematika, hingga surat cinta. Buku petunjuk cara membuat scrapbook diterbitkan pada tahun 1825 dan 1826. Orang yang hobi membuat scrapbook disebut scrapbooker. Contohnya Thomas Jefferson, presiden AS ke 3. Lalu Mark Twain, seorang sastrawan terkenal.

Berikut ini ada gambar contoh scrapbook.
  
     satu halaman scrapbook


 Album scrapbook


Sekarang ada juga yang namanya scrapbook digital, mungkin biar ga ribet ngumpulin barang barang untuk bikin scrapbook(cara manual). Saya sendiri udah pernah nyobain scrapbook-ing manual dan digital. Tapi hasil dari yang manual itu cuma tugas-tugas waktu zaman SD dulu-- Sering banget. Dan bagi yang suka menggunting dan menempel, yang manual lebih asik :) Tapi bagi yang ngga terlalu suka ribet, terus kepingin design yang lebih banyak dan gampang didapat dan gaperlu keluar rumah ke toko craft2 gitu atau nggamau keluar biaya, cukup dengan scrapbook digital aja. Kecenya sama juga kok :D

Contoh scrapbook digital


Pertama kali saya tau scrapbook? Dari nama blognya (yang dulu, sekarang udah ngga itu lagi) SHIDA HABSARI, my classmate when I was on the 5th and 6th grade (elementary school) -SD An-Nur Pekanbaru- Saya yang emang udah kepo akut yang tertulis dalam kitab Sutasoma (?) langsung googling mengenai "scrapbook" ini DAN langsung fallin' love in the 1st sight-- Suka karena scrapbook itu lucu dan juga campuran  foto, potongan huruf2 dari majalah, dan benda2 seperti pita, benang, kancing, dan juga puisi atau catatan tangan tersebut keliatan keren banget karena warna warni dan juga nimbul-nimbul (?) (3 dimensi maksud saya-_-).

Oke, seminggu terakhir ini saya disibukkan dengan scrapbook-ing untuk special gifts buat my Best Ghina and my Best Dinah soalnya saya bingung banget mau kasih kado apaan-- Ghina tinggal di Jogja dan ongkir kado ke Jogja itu kan lumayan-_-v Dan Dinah juga saya bingung mau ngasih apa. Akhirnya saya putuskan untuk membuat karya scrapbook untuk mereka. Dan karena saya lagi malas ke gramedia dan segala macam untuk beli2 kebutuhan scrapbook manual, akhirnya saya searching2 bahan2 yang freebies dari berbagai website yang saya temui di search engine Google :) Dan freebies-freebies yang unyu-unyu semua pula :3 Dan tinggal download, dan langsung bisa kita edit2. Terus terang aja karna saya masih meraba-raba kalo make Adobe Photoshop, jadinya saya putuskan untuk make........ Aehem........ Photoscape! :D Kok bisa? Ya bisa. Lebih gampang dan lebih simpel malah. Dan gabanyak cincong-__- Apalagi kan saya lagi sibuk-sibuknya UH dan seminggu lebih tiga hari lagi, tepatnya pada tanggal 6 Desember kami akan mengikuti ujian kenaikan semester-_______- Dan PENJURUSAN!-_- Hell yeah. Dan kembali ke topik. Saya ngedownload kits-kits (mohon maaf kalo ngga ngerti sama istilah2nya (^.^)v) yang theme nya itu sesuai dengan kepribadian Ghina dan Dinah. Saya memang lebih ngerti luar-dalamnya Ghina, tapi saya berusaha untuk membuat yang...... Spekta-deh pokoknya:3


Dan, dalam pembuatan scrapbook ini, kita juga membutuhkan font-font unik yang misalnya itu adalah Handwriting. Dan web langganan saya adalah kevinandamanda.com web ini keren banget, mereka itu suami istri, istri nya scrapbooker (suaminya gatau deh scrapbooker juga atau engga._.v) website ini isinya ada foto mereka berdua, resep2, font handwriting & scrapbooking, daannn.. scrapbook bikinan dia, dari mulai suami istri itu 5 tahun, sd, smp, sma, pas pacaran, tunangan, nikahan, natal setiap tahun, thn pertama nikah, tahun, kedua, tahun ketiga, dan hari2 lainnya. Keren banget kan, setiap momen ada scrapbook  nya bukan cuma album foto biasa. CetaRRRR membahana deh pokoknya (?)



Terus di rumahnya dia juga ada ruangan khusus buat scrapbooking, isinya lengkap dari meja, printer, rak2 yg isinya kertas2 warna-warni, scrapbook paper, sticker, pernakpernik, pita, kancing, album yg nunggu buat diisi, majalah, mesin jahit,  dan banyak lagi.. lengkappp. Aah bagus banget deh keren pokoknya. Emang udah darah mereka kali yaa jadi scrapbooker.
Dari pada penasaran buka aja web nya yaa :D

Pengen deh gue jadi scrapbooker sejati, ngeabadiin foto dan kenangan, ngasih ke orang2 tersayang :’) Huahahahaha :D Ohiya langsung aja, saya tunjukin hasil akhir dari birthday projects nya Ghina sama Dinah :) Maaf ya kalau mungkin kalian ngelihatnya nggak bagus atau norak atau amatiran atau apah._.v Namanya juga newbie saya kan :$ Baru seminggu ini belajar dan mengetahui tentang scrapbook digital ini. Dan juga saya masih pake software yang sebenarnya bukan untuk hal ini XD

Ghina's Birthday Project

Dinah's Birthday Project
Ini ni, yang jadi special gift nya buat Dinah :)
(taken by Blackberry's camera)
Overall, dengan membuat scrapbook digital ini, saya ngga perlu nguras kantong. Khusus untuk Ghina, karena jarak yang ngga bisa kompromi ini, jadi dia setuju untuk aku ngirim lewat bbm dan juga lewat e-mail sekalian. Jadi biar dia yang nyetak sendiri terus mungkin kalau bisa, dia frame-in :> Terus, untuk Dinah, aku tinggal beliin dia frame berwarna pink (pink is her favorite color-_-) di Malibu, sesuai saran Hilma karna di Malibu itu banyak frame2 dengan warna yang unyu2:3 Ternyata emang iya. Dan harga framenya itu juga terjangkau. DAAAN, pokoknya saya bangga bisa berkreasi di akhir bulan November ini :3 Dannn kemarin waktu Chia ngelihat hasilnya, dia juga pengen dibuatin XD Dan aku jawab, "Tunggu Agustus depan ya behhh:3" Dan Chia pun langsung ngerengut XD "Aku maunya sekarang behhh:3" Hoahahaha-- Maybe liburan besok aku buatin 1 buat dia:) Who knows?

Share this:

0 Kommentare:

Kommentar veröffentlichen

Wanna leave a comment?